Visi Bandung Sejahtera: Pemkot Bandung Subsidi Paket Sembako untuk 50.000 Keluarga

  • WARTA
  • -
  • Kamis, 29 April 2021 | 12:51 WIB
210429130107-visi-.jpeg

Foto: Ajie/Humpro DPRD Kota Bandung

Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT.,MM menghadiri peluncuran pendistribusian subsidi barang kebutuhan pokok dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan nasional Tahun 2021, di Kantor Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Rabu (28/4/2021).

PENABANDUNG.COM - Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, menghadiri peluncuran pendistribusian subsidi barang kebutuhan pokok untuk 50.000 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan nasional Tahun 2021, di Kantor Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Rabu (28/4/2021).

Kegiatan yang merupakan implementasi dari janji wali kota dan wakil wali kota periode 2018-2023, serta bagian visi Bandung Sejahtera itu, mendistribusikan sebanyak 50 ribu paket, dengan nilai Rp150 ribu per paket.

Setiap paket berisi 5 kg beras premium, 2 kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 1 kg tepung terigu, dan 1 kaleng daging kornet sapi.

Namun, dengan adanya subsidi Pemkot Bandung sebesar Rp100 ribu per paket, maka KPM dapat memperolehnya dengan harga Rp50 ribu per paket. Kegiatan ini pun akan diselenggarakan secara bertahap di 30 Kecamatan se-Kota Bandung selama tujuh hari ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengapresiasi hadirnya inovasi Pemerintah Kota Bandung tersebut, dalam upaya meringankan beban kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H yang tinggal menghitung hari.

"Tren yang biasa terjadi menjelang hari besar keagamaan, termasuk Idulfitri adalah meningkatnya kebutuhan masyarakat yang kemudian diikuti oleh kenaikan harga kebutuhan pokok. Oleh karena itu, kami apresiasi upaya peluncuran sembako bersubsidi ini, karena akan mampu membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat dengan harga jual paket yang cukup terjangkau," ujarnya.

Meski demikian, ia pun mengingatkan Pemkot Bandung agar pengawasan dalam pelaksanaan distribusi paket subsidi ini harus benar-benar dilakukan seoptimal mungkin, sebagai upaya antisipasi dari potensi penyaluran subsidi yang tidak tepat sasaran.

Dengan demikian, peran serta para aparat pemerintah di tingkat kewilayahan menjadi kunci dari suksesnya penyelenggaraan distribusi subsidi barang kebutuhan pokok di masyarakat.

"Agar sukses dalam distribusi ini artinya tepat sasaran, maka KPM yang mendapat bantuan ini harus berbasiskan data yang sesuai serta telah diverifikasi dan validasi dalam sistem DTKS. Sehingga jangan sampai kegiatan positif ini justru menimbulkan masalah-masalah di lapangan," ucapnya.

Tedy menambahkan, para anggota dewan pun akan ikut mengawasi pelaksanaan kegiatan ini di daerah pemilihannya masing-masing, guna memastikan pendistribusian subsidi paket sembako ini dapat berlangsung kondusif dan sukses bagi masyarakat.

"Pengawasan pelaksanaan kegiatan menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan dalam setiap realisasi program, termasuk program bantuan sosial, apalagi tahun ini masyarakat sudah tidak akan lagi menerima BLT (BLT) yang merupakan stimulus pemerintah dalam mengatasi persoalan ekonomi sosial di masyarakat dampak pandemi. Sehingga, kegiatan ini pun menjadi opsi Pemkot Bandung yang telah tertuang dalam RPJMD 2018-2023 untuk bantu masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir," ujar Tedy.

Tedy mengatakan, paling tidak bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat menjelang hari raya.

"Kita tentunya berharap, dengan adanya upaya ini, menjelang hari raya Idulfitri nanti tidak ada warga Kota Bandung yang kesulitan membeli beras untuk makan," katanya.* (Permana)

Editor: Asep el-Abbas

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
210619170614-dede-.png
Dede Yusuf Ferdiansyah: Mutasi Hal Lumrah, Juga untuk Penyegaran
210526211142-atura.jpg
Aturan Jenjang Jabatan Membuat Resah ASN Kemnaker
210609212921-bpd-d.jpg
BPD dan Aparatur Desa Cipagalo Siap Laksanakan Pilkades 2021
210609194032-kades.jpg
Kades Batukarut Lanjutkan Pembangunan di Wilayahnya
210615111159-desa-.png
Desa Batukarut Lanjutkan Pembangunan di Bawah Kepemimpinan Kades Cepi Ramdani
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini