Mei Tahun ini, Siti Muntamah Targetkan 60 Persen Warga tidak BAB Sembarangan

  • WARTA
  • -
  • Minggu, 28 Maret 2021 | 11:56 WIB
210328122226-mei-t.jpg

Foto: Humas Pemkot Bandung

BANDUNG, PENABANDUNG.COM - Ketua Forum Bandung Sehat (FBS), Siti Muntamah meyampaikan, program Open Defecation Free (ODF) terus mengalami peningkatan. Pada Mei 2021, ODF di Kota Bandung ditargetkan mencapai 60 persen.

ODF atau kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar (BAB) sembarangan adalah program yang digagas Pemerintah Kota Bandung agar warga sadar akan bahaya kebiasaan tersebut.

"Upaya pertama adalah koordinasi dengan pemerintah kota (Pemkot), mulai Pemum (Pemerintahan Umum), Bapelitbang, Dinas Kesehatan dan seluruh kewilayah," kata Siti Muntamah saat meninjau kawasan Kiaracondong, Kamis (25/3/2021).

"Termasuk terus mengedukasi lebih masif bahwa BAB (buang Air Besar) itu berbahaya," ujarnya.

Siti optimis dengan menggandeng semua pihak, target 60 persen pada Mei medatang bisa tercapai. "Dengan menggandeng semua pihak, mulai dari organisi pemerintah, LPM, Karang Taruna, PKK, tokoh masyarkat dan penyuluh agama," imbuhnya.

Selanjutnya Siti menjelaskan, FBS akan melakukan konsultasi aktif dengan akademisi yang ada di Kota Bandung atau perguruan tinggi untuk kolaborasi sama-sama tanggung jawab.

Siti mengungkapkan, akan mengoptimalkan anggaran PIPPK juga mencari hibah dari Kementrian PUPR untuk membuat jamban sehat permanen. "Kita optimalisasi anggaran PIPPK kemudian juga hibah dari Kementerian PUPR membuat jamban sehat permanen bagi masyarakat," katanya.

"Sehingga bulan Mei insya Allah para camat dan lurah sudah menyanggupi untuk ODF. Sampai saat ini baru 17 kelurahan yang sudah ODF," tambahnya.

Sementara itu, Dansektor 22 Citarum Harum, Kol Inf. Eppy Gustiawan menyampaikan, program Citarum Harum memang untuk mengatasi persoalan masalah limbah domestik, tetmasuk ODF.

"Tentunya masalah buang air besar sembarangan sebagai persoalan yang ada di wilayah. Kami tindaklanjuti dengan membentuk tim satgas percepatan ODF," tuturnya.

Sedangkan, Camat Kiaracondong, Rina Dewiyanti menyampaikan, saat ini ada empat kelurahan sasaran. Keempatnya yaitu Kelurahan Babakan Sari, Babakan Surabaya, Cicaheum, dan Kelurahan Kebonjayanti.

"Kami tetap berikan pelayanan sosialisasi dengan lintas sektor penangan ODF, kami jalankan. Tahun ini menuntaskan stunting dan ODF, juga pemanfaatan Buruan SAE," imbuhnya.***

Editor: Asep el-Abbas

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
210429141434-bikin.png
Bikin Heboh, Kuburan Babi Ngepet Akhirnya Dibongkar Polisi dan Warga, Ini yang Ditemukan
210507224038-ketua.jpg
Ketua Yayasan Widyatama: Bantuan Sembako kepada Warga Implementasi Program Pengabdian
210511235134-dadan.jpg
Dadan Tri Kecam Keras Penyerangan Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa
210429114055-lepas.png
Lepas Status Duda, UAS Resmi Nikahi Fatimah Az-Zahra
210428193959-upaya.jpg
Upaya Indonesia Akhiri Pandemi, dari AKB Hingga Vaksinasi
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini