Camat dan Lurah Harus Akomodir, Inisiatif, dan Sinergi dengan Masyarakat Potensial

  • WARTA
  • -
  • Rabu, 20 Januari 2021 | 16:27 WIB
210120163730-camat.jpeg

Iqbal Nurhakim

Sekdakot Bandung, Ema Sumarna saat menerima kunjungan pengurus PPHI Kota Bandung

PENABANDUNG.COM - Pemkot Bandung mendorong pemberdayaan kewenangan lokal kepada Camat dan Lurah dalam mengembangkan inovasi serta kolaborasi di wilayahnya masing-masing.

Camat dan Lurah sekarang harus banyak berinisiatif, mengakomodasi dan bersinergi dengan seluruh daya dukung partisipasi potensi masyarakat yang ada diwilayah masing-masing, karena kita tidak lepas tangan begitu saja ada dukungan anggaran dan sebagainya. Hal ini diungkapkan Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, saat menerima kunjungan pengurus PPHI di Balai Kota, Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Sekda Kota Bandung, "PPHI Ikut Memikirkan dan Memberi Masukan Pada Permasalahan Kota Bandung"

“Harus jelas dipisahkan mana yang menjadi ruang prioritas pemikiran kepala daerah dan tidak menganggap remeh persoalan. Camat dan Lurah harus mampu melaksanakan dan menyelesaikannya, bukan sedikit-sedikit lapor ke Walikota,” tambahnya.

Menurut Ema, Keterbatasan wilayah membuat penduduk di kota Bandung saat ini sudah melebihi kapasitas ideal karena aspek geo dan demo sudah tidak seimbang. Kota Bandung saat ini dihuni sekitar 2,5 sampai 3 juta orang, sedangkan luas wilayah dari tahun 1987 tidak pernah berubah sekitar 16.752 hektar. Hal ini menyebabkan tingkat kepadatan penduduk kota Bandung sudah tidak normal.

Baca juga: PPHI Kota Bandung Dorong Pemerintah Membuat Perda Advokasi Masyarakat Miskin

“Bahkan dulu pernah dikatakan ada satu titik lokasi wilayah kelurahan yang merupakan wilayah terpadat di dunia bukan cuma di Indonesia, wilayah itu ada di Cicadas Bandung, itulah Bandung. Tapi kita selaku aparatur pelayanan masyarakat kita tidak boleh menyerah,” jelasnya.

Ema berharap, agar semua aparatur pemerintah sebagai pelayanan masyarakat tidak menyerah dengan keadaan dan kondisi yang ada di kota Bandung ini, karena sebagai aparatur mereka sudah diberikan kepercayaan dan penghargaan melalui penghasilan gaji dari masyarakat.

“Kita diberikan kepercayaan, diberikan penghargaan melalui gaji dari masyarakat maka kita harus berbuat yang terbaik bagi masyarakat semampu kita,” pungkasnya. ***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Muhamad Hafizh
©2021 PENABANDUNG.COM

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
210607213333-dprd-.jpg
DPRD Apresiasi Kesiapan Penyelenggara Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
210607213834-dewan.jpg
DPRD Minta KLHS Diintegrasikan dengan RPJMD
210609230938-presi.jpg
Presiden Instruksikan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dilaksanakan Ekstra Hati-Hati
210609212921-bpd-d.jpg
BPD dan Aparatur Desa Cipagalo Siap Laksanakan Pilkades 2021
210619170614-dede-.png
Dede Yusuf Ferdiansyah: Mutasi Hal Lumrah, Juga untuk Penyegaran
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini