Kondisi Sudah Rusak, Kirmir Jalan di Kompleks Alamanda Akhirnya Roboh

  • WARTA
  • -
  • Kamis, 16 Desember 2021 | 14:10 WIB
211216142906-kondi.jpeg

PENABANDUNG.COM - Akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Bandung dan sekitarnya, dinding penahan tanah atau kirmir di Perumahan Alamanda Kota Bandung roboh karena tidak kuat menahan beban tanah yang tergerus air.

Kirmir atau retaining wall atau dinding penahan tanah yang berfungsi untuk menahan gaya tekanan agar tanah tersebut tertahan, akhirnya roboh sekitar pukul 19.20 WIB.

Sumartoni, salah seorang saksi mata di tempat kejadian menuturkan, bahwa tembok penahan jalan tiba-tiba ambruk setelah diguyur hujan ditambah kondisi kirmir yang sudah bolong-bolong.

"Awalnya, memang sudah ada retakan di pinggir jalan masuk komplek, lalu dilaporkan ke Dinas PU Kota Bandung," ujar Sumartoni kepada Pena Bandung, Rabu (15/12/2021).

Sumartoni menambahkan, tadi pagi DPU Kota Bandung sudah melakukan pembongkaran untuk memperbaiki pondasi sungai yang sudah bolong-bolong. Ternyata sore hari muncul hujan deras. Akhirnya sekitar jam 19.20 semua benteng sepanjang kurang lebih 25 meter roboh ke arah sungai.

Sementara sampai berita ini diturunkan kerugian diperkirakan mencapai 200 jura rupiah.***

 

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Asep el-Abbas
©2021 PENABANDUNG.COM

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
220903130509-ema-o.jpeg
Ema: OPD Harus Berkoordinasi Tangani PKL
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini