Tip Memilih Peci Songkok Untuk Beribadah dan Aktivitas Sehari-hari

  • RAGAM
  • -
  • Sabtu, 4 September 2021 | 15:18 WIB
210904152255-tip-m.jpeg

PENABANDUNG.COM -- Songkok atau di Indonesia lebih sering disebut peci adalah salah satu benda yang sangat erat hubungannya dengan budaya serta agama islam. Peci songkok ini biasa digunakan para laki-laki khususnya yang beragama islam untuk penutup kepala saat melaksanakan ibadah.

Peci atau songkok ini sudah menjadi adat yang sangat erat dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Tidak hanya ketika akan beribadah, banyak orang juga yang menggunakan peci ini dalam aktivitas sehari-hari karena sudah merasa sangat nyaman.

Ada banyak sekali produk peci yang dijual di pasar Indonesia mengingat bahwa negara ini adalah negara dengan populasi umat islam terbanyak di dunia. Mulai dari pasar tradisional hingga modern menyediakan kebutuhan umat muslim ini.

Jika kalian akan membeli peci songkok, alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut!

Bahan yang digunakan

Hal pertama yang harus kalian perhatikan saat akan membeli peci adalah dari bahan yang digunakan untuk membuatnya. Kita harus benar-benar teliti saat memilih bahan peci agar nyaman untuk digunakan.

Pilihlah peci dengan bahan yang halus, selain itu pilihlah juga bahan yang cenderung sejuk. Mengingat peci sebagai penutup kepala kita, jangan sampai kita memilih bahan yang membuat kepala kita terasa gerah atau panas.

Pilihlah yang memiliki ventilasi atau sirkulasi udara

Peci biasanya digunakan para laki-laki muslim setelah mengambil air wudhu, oleh karena itu biasanya rambutnya akan basah dan berair. Rambut yang basah ini, jika tertutup peci yang rapat akan membuat peci menjadi bau apek.

Oleh karena itu, pilihlah peci dengan sirkulasi udara yang lancar sehingga udara dari luar bisa berganti dengan yang didalam peci. Selain mencegah bau apek, ventilasi ini juga membuat kepala kita terasa sejuk.

Pilihlah yang tahan air

Tips selanjutnya saat memilih peci adalah pilih peci yang memiliki kemampuan tahan air. Seperti yang telah diketahui, peci seringkali digunakan ketika setelah berwudhu dan dibawa saat kita mengambil air wudhu.

Oleh karena itu, peci sangatlah rentan terkena percikan air saat kita sedang atau setelah mengambil wudhu. Pilihlah peci yang tahan air, serta tidak memiliki material kertas sebagai bahan bakunya.

Ukuran yang tepat

Tips yang selanjutnya ini juga tak kalah penting dari sebelum-sebelumnya. Ukuran kepala setiap orang berbeda-beda, sehingga dalam memilih peci kita juga harus bisa menyesuaikan.

Peci atau songkok yang memiliki ukuran terlalu besar ataupun terlalu kecil pasti akan terasa tidak nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu, telitilah saat akan memilih peci untuk kebutuhan pribadi.

Model yang sesuai

Hal yang tak kalah penting saat memilih peci adalah modelnya yang sesuai. Pilihlah model yang tepat, khususnya mempertimbangkan usia kita. Peci hitam polos cenderung cocok digunakan untuk segala usia.

Namun, peci dengan corak tertentu yang mencolok akan lebih cocok digunakan untuk anak muda. Sebaliknya, peci dengan corak yang lebih kalem akan cocok digunakan untuk orang yang lebih dewasa.

Bandingkan harganya

Harga memanglah salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat akan membeli sesuatu. Barang dengan harga yang mahal, seharusnya memiliki kualitas yang terbaik, namun tak kecil kemungkinan pula ada barang dengan harga murah namun kualitasnya setara.

Oleh karena itu, kalian harus bisa pintar membandingkan harga barang antara satu dengan yang lainnya. Lihat pula dari kualitas yang didapat, apakah sebanding dengan harga tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk kalian dalam memilih peci songkok. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang ingin membeli untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk diberikan kepada orang lain.*

Penulis/Pewarta: Ken Zendra Zanindha
Editor: Ken Zendra Zanindha
©2021 PENABANDUNG.COM

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
210930180348-kalam.jpeg
Kalamula Bareng Kadangkastem dan Sillyndris Luncurkan Action Figure Mighty Paw
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini