Istilah Anak Milenial: Zombieing, Ghosting, Hauting, dan Stashing

  • RAGAM
  • -
  • Selasa, 9 Maret 2021 | 21:26 WIB
210309220413-istil.png

Foto: Wilda Pandawa

Ghania

PENABANDUNG.COM - Milenial atau juga dikenal sebagai Generasi Y, Gen Y atau Generasi Langgas adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X). Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok ini.

Ada yang menyebutkan, generasi milenial atau milenium adalah generasi yang lahir dari tahun 1980 hingga 1995. Perhitungan ini menandakan bahwa pada tahun 2021, generasi milenial akan berada dalam kisaran umur 25 sampai 41 tahun.

Sedangkan generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 hingga 2010. Ada juga definisi lain yang mengkategorikan generasi Z sebagai generasi yang lahir antara tahun 1996 hingga 2015. Hal ini mengindikasikan bahwa usia para generasi Z Indonesia di tahun 2021 adalah kisaran umur 5 sampai 25 tahun.

Baca juga: Jadi Orang Biasa adalah Nikmat yang Luar Biasa

Terkait hal tersebut, saat ini ramai diberitakan hubungan putra dari Presiden Jokowi Kaesang dengan mantan kekasihnya Felicia Tissue.

Dalam pemberitaan, tampaknya editor sengaja memilih diksi dengan kata yang "asing" untuk kalangan "tua", contoh, "Klarifikasi Kaesang Pangarep soal Ghosting dan Putus dari Felicia Tissue".

Ada lagi judul, "Awas Terjebak Zombie-ing dalam Hubungan! Cari Tahu di Sini!".

Baca juga: 'Menu Sultan', Ikan Koi Bumbu Kuning Hebohkan Warganet

Lantas, apa sebenarnya definisi dari istilah-istilah tersebut?.

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah definisi dari kata zombieing, ghosting, hauting, dan stashing.

Zombieing, adalah istilah untuk orang yang sebelumnya memutus hubungan dengan kita, namun secara tiba-tiba muncul kembali dengan mengirim chat atau DM.

Baca juga: Linkin Park - In The End (Lirik Lagu, MP3, Video)

Ghosting, adalah istilah ketika seseorang tiba-tiba menghilang ketika sedang PDKT tanpa adanya penjelasan apapun. Dibilang 'putus' juga nggak, karena belum resmi jadian.

Hauting, ketika terjadi seseorang terus menerus berinteraksi dengan kita lewat media sosial, padahal sudah berhenti hubungan satu sama lain. Hauting biasanya dilakukan secara pasif. Misal, hanya sekedar like postingan tanpa memberi komentar.

Stashing merupakan perilaku menyembunyikan pasangan dari lingkungan pergaulan atau orang-orang terdekat dengan motif negatif seperti ingin terlihat masih lajang dan mendapat kebebasan untuk menjalin hubungan dengan orang yang berbeda. ***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Asep el-Abbas
©2021 PENABANDUNG.COM

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini