Mengatasi Busuk Akar Pada Tanaman Kesayangan Anda

  • RAGAM
  • -
  • Rabu, 20 Januari 2021 | 09:28 WIB
210120093903-menga.jpeg

Rosmawati

Bercak putih pada akar dan batang bawah tanaman

PENABANDUNG.COM - Busuk akar biasanya terjadi karena dua keadaan. Pertama, terlalu lama berada dalam kondisi terlalu banyak air yang dapat menyebabkan beberapa akar mati karena kekurangan oksigen. Saat mati, akar bisa mulai membusuk. Busuk tersebut dapat menyebar ke akar yang lebih sehat dan membunuhnya juga, bahkan jika kondisi tanahnya diperbaiki.

Penyebab lainnya adalah bisa dari jamur di dalam tanah. Jamur mungkin tidak aktif di tanah untuk waktu yang tidak terbatas dan kemudian tiba-tiba tumbuh subur ketika tanaman disiram sekali atau dua kali.

Baca juga: Ikan Redfin: Asal Mula, Karakter, Jenis, Harga, dan Cara Pemeliharaan

Jamur kemudian menyerang akar dan menyebabkannya mati serta membusuk. Nah, seperti apa tanaman yang mengalami busuk akar? Anda bisa memeriksa akar tanaman. Akar yang terkena busuk akar akan tampak hitam dan terasa lembek, sementara akar yang sehat terasa kokoh dan lentur.

Penanganan

Mulailah mengobati busuk akar dengan membuang tanaman dari tanah dan mencuci akarnya di bawah air mengalir. Cuci tanah dan akar yang terkena dampak sebanyak mungkin sambil merawat tanaman dengan lembut.

Selanjutnya, gunakan gunting atau gunting yang tajam dan bersih untuk memotong semua akar yang tersisa. Saat merawat busuk akar, Anda mungkin harus membuang sebagian besar sistem akar jika tanaman terkena dampak yang parah.

Jika demikian, bersihkan gunting atau gunting dengan alkohol dan pangkas sepertiga hingga setengah daun pada tanaman. Ini akan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi tanaman untuk menumbuhkan kembali akarnya, karena tidak perlu menopang banyak daun.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Carpet Seed untuk Aquascape

Lanjutkan mengobati busuk akar dengan membuang tanah di dalam pot tempat tanaman itu berada. Cuci pot secara menyeluruh dengan larutan pemutih. Jika memungkinkan, celupkan sisa akar sehat ke dalam larutan fungisida untuk membunuh kemungkinan jamur busuk akar.

Setelah itu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang bersih. Pastikan pot memiliki drainase yang baik dan hanya menyirami tanaman saat bagian atas tanah sudah kering. Saat menumbuhkan kembali akarnya, jangan memupuk tanaman karena dapat membuatnya stres. ***

Penulis/Pewarta: Muhamad Hafizh
Editor: Muhamad Hafizh
HAK CIPTA © PENABANDUNG.COM 2021

Bagikan melalui
Komentar
Berita Lainnya
Dadang M. Naser akan Tetap Membangun dan Memajukan Kabupaten Bandung
Minuman Keras Ini Boleh dan Halal Dikonsumsi Menurut Gus Miftah
Google Doodle, Apakah Gerangan Dia?
10 Situs Web Berita Terpopuler di Indonesia Versi Alexa Fabruari 2021
Tectona Cipta Niaga Gandeng Berbagai Pihak Lakukan Penanaman Pohon
Hari Pers Nasional 2021
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini