Ikan Redfin: Asal Mula, Karakter, Jenis, Harga, dan Cara Pemeliharaan

  • RAGAM
  • -
  • Minggu, 17 Januari 2021 | 22:03 WIB
210117222804-ikan-.jpg

Ikan Redfin

PENABANDUNG.COM - Ikan Redfin yang dikenal sebagai ikan air tawar memiliki perilaku atau sifat yang unik dibandingkan jenis ikan lainnya. Perilaku ikan yang menghuni perairan di kawasan sungai Mekong ini diketahui memiliki dua sifat yang saling bertolak belakang.

Perilaku tersebut diantaranya adalah dikenal pemalu dan cukup agresif saat satu akuarium dengan ikan jenis lain. Dikatakan pemalu sebab ikan Redfin menyukai menghabiskan waktunya sepanjang siang hari bersembunyi dibalik bebatuan atau gua buatan yang ada di akuarium.

Ikan ini hanya akan aktif mencari makanannya pada waktu malam hari dengan berenang ke berbagai arah.

Selain itu, perilakunya yang lain dikenal pula sebagai ikan yang cukup mudah marah atau agresif terhadap ikan lain yang ada di dekatnya. Perilaku agresif ini muncul kepada ikan lain yang secara ukuran jauh lebih kecil darinya dan memiliki perangai yang serupa.

Selain itu, saat ikan Redfin mengejar ikan berukuran kecil akan dilakukannya secara terus menerus sampai ikan tersebut mati. Untuk itu sebaiknya ikan Redfin yang dipelihara dapat dimasukkan dalam akuarium dapat disatukan dengan ikan yang secara ukuran tak kalah jauh berbeda dan sifatnya agak tenang serta bersahabat.

Ciri fisik ikan yang bernama latin Epalzeorhynchos frenatum ini memiliki ukuran tubuh yang tergolong sedang dengan panjang sekitar 12 cm. Bentuk tubuhnya tampak memanjang dengan bagian badan yang terlihat lebih besar.

Badan ikan Redfin umumnya hanya ditutupi oleh satu warna saja yang disesuaikan dengan jenisnya. Satu warna tersebut diantaranya adalah warna krim albino, biru kehitaman, kuning emas yang agak kecokelatan.

Warna yang tampak di bagian sirip dan ekornya hanya warna merah cerah. Sirip ikan Redfin di bagian atas tubuhnya tampak meninggi di sisi depannya dan semakin menurun saat ke arah bawah yang mirip dengan sirip ikan hiu. Selain itu, pada bagian bawah perutnya terdapat dua sirip yang berukuran sedang dan satu sirip di dekat arah ekornya.

Keberadaan ikan Redfin tidak hanya terdapat di sekitaran sungai Mekong tapi juga ada di perairan tawar Chao Phraya, Maeklong, dan Xe Bangfai yang ada di beberapa negara Indochina.

Sebutan untuknya pun juga cukup beragam mulai dari Hiu Rybu, Hiu Sirip Merah, Hiu Merah Sejati, Hiau Whitefin, dan Pelati Sharkminnow. Makanannya cukup beragam mulai dari alga atau tanaman air, zooplankton, cacing merah, cacing tanah, dan serangga air. Kebiasaan ikan Redfin yang biasanya sangat suka sekali membersihkan bagian kaca samping dan bawah akuarium.

Sifatnya ini pun tampak mirip dengan ikan Sapu-sapu yang juga memiliki kebiasaan serupa. Tapi bedanya, ikan Redfin tergolong aktif berenang ke segala arah mulai dari dasar, tengah, dan atas akuarium.

Harga ikan ini di pasaran Indonesia berkisar antara 2.500 sampai dengan 25.000 perekor. Harga yang cukup bersahabat.

Jenis Ikan Redfin

1. Redfin Shark

Ikan pertama yaitu jenis ikan redfin shark, ikan ini tidak segalak shark seperti jenisnya loh namun ikan ini ramah dengan jenis ikan lainnya. Ikan redfin shark ini berasal dari thailand tepatnya sungai mekong. Ikan ini pemakan segalanya atau omnivora dan biasanya memakan lumut atau makanan sisa dari ikan-ikan lainnya.

ikan redfin jenis ini mempunyai warna dominan yang cenderung gelap namun pada sirip dan ekornya mempunyai warna yang terang, hal tersebut membuat ikan ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Ikan ini juga sangat cocok jika di gabungkan dalam 1 aquarium dengan jenis ikan lainnya.

2. Redfin Albino

Seperti namanya jenis ikan redfin ini mempunyai warna yang putih atau albino, dan mempunyai warna sirip merah. Ikan redfin jenis ini biasanya sulit untuk ditemukan namun harganya sangatlah murah jadi kamu bisa membelinya beberapa ekor.

Dengan ukuran yang kecil dan tidak agresif atau menyerang ikan-ikan lain ikan redfin ini sering dijadikan penghuni untuk aquascape karena jika ikan redfin ini dibiarkan hidup di aquascape dengan keindahan warnanya maka akan menambah keindahan dari aquascape kamu. Apalagi jika ditambahkan cahaya karena sirip redfin akan lebih menyala jika terkena cahaya lampu.

3. Redfin Rainbow

Ikan redfin rainbow ini sebenarnya mempunyai bentuk yang sama dengan jenis ikan redfin lainnya hanya saja ikan redfin rainbow lebih mempunyai banyak warna ada yang berwarna keemasan, ada yang hitam kebiruan.

Ikan jenis ini mempunyai tubuh yang tipis dibandingkan dengan ikan redfin rainbow betina yang tebal, hal tersebut membuat ikan ini hidup dikisaran 4 sampai 6 tahun saja.

4. Redfin Red Tailed Black

Ikan redfin jenis ini mempunyai keunikan tersendiri karena ikan redfin jenis ini mempunyai warna pada sekujur tubuhnya dari sirip atas dan sirip bawah berwarna hitam namun pada ekor belakangnya ikan redfin ini berwarna orange.

Jenis ini sangatlah langka dan sangat sulit ditemukan karena masih sulit untuk mendapatkan ikan redfin jenis ini di pasar ikan terdekat.

Perawatan

Untuk merawat ikan redfin ini sebaiknya kamu memperhatikan dulu ukuran dari aquarium yang akan dipakai harus pas dan juga berikan banyak ruang untuk ikan ini, suhu untuk ikan redfin ini berkisar 26 derajat sampai 28 derajat celsius dan PH air berkisar 6-7,5. Hal tersebut akan membuat ikan redfin ini bisa hidup sampai 6 tahun.

Ikan ini lebih baik di tempatkan di aquascape karena ikan redfin ini biasa bermain di dedaunan ataupun batang kayu jadi dengan aquascape yang mempunyai aksesoris seperti itu dan adanya rumput juga akan membuat ikan redfin seperti berada di habitatnya.

Makanan yang baik untuk ikan redfin sebenarnya beragam krena ikan redfin ini termasuk ikan omnivora jadi ikan redfin makan apa saja seperti alga, krustasea, perifiton. Ataupun kamu bisa memberikan cacing, dan serangga pada ikan redfin ini. Kamu juga bisa memberikan pelet pada ikan redfin ini. ***

Dari berbagai sumber

Editor: Muhamad Hafizh

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
210930180348-kalam.jpeg
Kalamula Bareng Kadangkastem dan Sillyndris Luncurkan Action Figure Mighty Paw
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini