Cara Mudah Menanam Carpet Seed untuk Aquascape

  • RAGAM
  • -
  • Minggu, 17 Januari 2021 | 21:53 WIB
210117215946-cara-.jpg

IST

Tanaman karpet pada aquascape

PENABANDUNG.COM - Hairgrass (Eleocharis parvula) merupakan tanaman sejenis rumput yang tumbuh di air. Tanaman rumput asal Amerika ini digunakan sebagai tanaman foreground atau tanaman karpet yang terdapat pada dasar akuarium. Menanam hairgrass untuk aquascape bisa Anda lakukan sendiri dengan cara yang cukup mudah.

Carpet seed sering juga disebut magic seed atau biji ajaib. Tanaman air kultivar mini ini mudah tumbuh, cepat tumbuh, dan mudah beradaptasi. Tanaman ini memiliki tinggi rata-rata 1 – 3 cm dan termasuk tanaman dikotil berkeping dua.

Sebelum memulai pembibitan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan di antaranya benih hairgrass yang bisa dibeli di toko, akuarium atau tank, pasir atau substrat, pupuk, air, lampu akuarium, dan botol semprotan. Berikut ini langkah-langkahnya, yuk simak!

  1. Siapkan akuarium atau tank, letakkan media tanam atau substrat berupa pasir (pasir malang) pada lapisan pertama, lalu taburi pupuk.
  2. Letakkan pasir lagi sebagai lapisan kedua. Pasir tersebut bisa dicampur dengan batu bata yang telah dihancurkan kasar, atau pasir yang dicampur pupuk.
  3. Media tanam lapisan pertama dan lapisan kedua disarankan memiliki ketebalan lebih kurang 2 cm.
  4. Selanjutnya, genangi dengan air di bawah permukaan media tanam lebih kurang ketinggian 1—1,5 cm. Hal tersebut hanya untuk membuat media tanam menjadi lembap, bila air berlebihan bisa membuat benih menjadi busuk.
  5. Setelah itu, taburkan benih sedikit demi sedikit ke media dan usahakan merata pada media, lalu semprotkan air dengan penyemprot yang paling halus. Hingga lembap saja dan jangan terlalu lembap.
  6. Kemudian, lakukan penyinaran lebih kurang 6—8 jam per hari.
  7. Lakukan penyemprotan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari selama 7 hari pertama. Jika benih bagus, pada hari ketiga akan mulai berkecambah. Lalu, pada hari ketujuh tanaman bisa digenangi dengan air. Akuarium sudah bisa diisi air dengan penuh.

Perawatan hairgrass aquascape

Tanaman ini membutuhkan CO2 yang tidak terlalu tinggi. Untuk itu, tidak membutuhkan injeksi CO2. Cukup jaga kestabilan cahaya lampu. Pada hari pertama akuarium digenangi air, sebaiknya beri pupuk cair. Pupuk cair ini diberikan setiap minggu setelah mengganti air akuarium.

Selain itu, pupuk tancap juga diperlukan setiap 2 bulan sekali. Untuk pempertahankan keindahan tanaman hairgrass dan agar tidak mengganggu cahaya yang masuk, lakukan pemangkasan secara rutin jika ada rumput yang mulai memanjang. Gunakan gunting yang bersih agar tanaman tidak terinfeksi. Pemangkasan ini sebaiknya dilakukan lebih kurang sebulan sekali. ***

Dari Berbagai Sumber

Penulis/Pewarta: Muhamad Hafizh
Editor: Muhamad Hafizh
HAK CIPTA © PENABANDUNG.COM 2021

Bagikan melalui
Komentar
Berita Lainnya
'Menu Sultan', Ikan Koi Bumbu Kuning Hebohkan Warganet
10 Situs Web Berita Terpopuler di Indonesia Versi Alexa Fabruari 2021
Ummi Pipik Sempat Lemas Saat Kunjungi Pemakaman Rina Gunawan
Inilah 4 Orang Indonesia Tajir Melintir yang Masuk Kategori Orang Terkaya di Dunia
Google Doodle, Apakah Gerangan Dia?
Hari Pers Nasional 2021
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini