Kelurahan Sukapada Siap Laksanakan Mikro Lockdown Guna Tekan Sebaran Covid-19

Warta - Kamis, 11 Februari 2021

210211172551-kelur.jpeg

Foto : Muhamad Basuki

Lurah Sukapada, Suhartomo, S.Sos, M.Ip.

PENABANDUNG.COM - Presiden Joko Widodo telah meminta kepada pemerintah daerah untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan PPKM Skala Mikro atau Mikro Lockdown sampai tingkat RT-RW.

Dalam pelaksanaan di lapangan, pemberlakuan mikro lockdown memerlukan syarat dan prasyarat agar bisa dilakukan.

Pernyataan tersebut dikemukakan Lurah Sukapada, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Suhartomo, S.Sos, MIP saat dikunjungi penabandung.com di Kontor Kelurahan, Kamis, 11 Februari 2021.

Baca juga: Negatif Covid-19, Oded Minta Warga Lebih Peduli Dan Tingkatkan Prokes

Suhartomo menjelaskan bahwa salah satu syarat diberlakukan mikro lockdown pada suatu wilayah adalah adalah jika wilayah itu sudah termasuk zona merah.

"Zona merah per kampung atau RW itu minimal ada 10 orang terkonfirmasi Covid, baru kita akan lakukan mikro lockdown," paparnya.

Suhartomo menambahkan, tolok ukurnya, jika jumlah suspect 0, maka wilayah itu zona hijau, 1 sampai 5 zona kuning, 6 sampai 9 zona oranye, dan lebih dari 10 zona merah.

Baca juga: Camat dan Lurah Harus Akomodir, Inisiatif, dan Sinergi dengan Masyarakat Potensial

Sebagai bentuk dukungan dan pelaksanaan program pemerintah, Kelurahan Sukapada tetap melaksanakan bahkan lebih intensif menganjurkan 3M (cuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak), ini dibuktikan dengan aksi membagikan masker kepada warga, memasang foster, komunikasi lisan, dan lainnya.

"Bahkan, jika ada warga yang terkonfirmasi dan mengharuskan isolasi mandiri, kami akan memfasilitasi dan mendorong pengurus setempat untuk membantu secara swadaya," katanya.

Baca juga: [HOAX] Kominfo Bantu Pulsa 200 Ribu dan Kuota 75 GB untuk Dosen, Guru, Siswa, dan Mahasiswa

"Iya, dampak dari isolasi mandiri terhadap keluarga harus diperhatikan, makan, minum, dan kebutuhan lainnya. Untuk kasus ini, memang tidak ada anggaran khusus dari pemerintah, maka kami akan bantu," ujarnya.

Disinggung tentang penanganan selanjutnya, Suhartomo menjelaskan bahwa hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan gugus tugas. "Sudah ada koordinasi, dan kami siap bantu," pungkasnya. ***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Asep el-Abbas
COPYRIGHT © PENABANDUNG.COM 2021