PKP Tindak Lanjut Sosialisasi KPU Jabar ke Seluruh Wilayah

  • POLKUM
  • -
  • Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:29 WIB
220817013158-pkp-t.jpg

PENABANDUNG.COM - Peserta sosialisasi verifikasi, administrasi dan verifikasi faktual partai calon pemilu 2024 salah satunya adalah Partai PKP (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia).

Langkah yang dilakukan partai PKP dalam menyikapi sosialisasi KPU Jabar adalah mengkonsolidasikan dengan internal partai.

"Saat ini kami terus mengkonsolidasikan kawan-kawan DPK (Dewan Pimpinan Kabupaten)yang ada di daerah," kata Adri Mahran Pratama, Wakil Sekretaris DPP PKP Jabar.

Adri menjelaskan, langkah itu termasuk pengecekan persiapan verifikasi faktual hingga terus melakukan komunikasi dengan KPU.

"Tentu ini dilakukan secara intens guna antisipasi kesalahan dan bisa langsung diperbaiki," ucapnya.

Adri Mahran Pratama mengatakan, anggota partai yang hadir dalam acara sosialisasi KPU yaitu Ketua DPP PKP Provinsi Jabar, Dr. Hj. Dwi Ratna Kartika SH, sekretaris dan wakil sekretaris.

Seperti diketahui sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar melakukan sosialisasi terkait verifikasi, administrasi dan verifikasi faktual terhadap parpol calon peserta pemilu 2024.

Sosialisasi KPU Jabar terhadap calon parpol peserta calon pemilu 2024, di gelar pada Senin 15 Agustus 2022 di Kantor KPU Jl. Garut, Kota Bandung pada malam hari.

Sosialisasi itu di hadir 25 peserta partai politik yang sudah mendaftarkan diri ke KPU RI.
Dari situ terungkap langkah dan tahapan, persiapan verifikasi parpol peserta pemilu.

"Diantaranya persiapan verifikasi administrasi khususnya verifikasi keanggotaan parpol yang bersangkutan," kata Endun Abdul Haq
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar kepada wartawan di Kantornya, Selasa 16 Agustus 2022.

Endun menjelaskan, data yang sudah diinput ini akan diverifikasi oleh KPU Kota/Kabupaten dengan cara mengecek kesesuaian data.

"Di sini ada 11 elemen yang akan kita cek mulai dari nama, nik, tempat tanggal.lahir, jenis kelamin, pekerjaan, alamat dan lain lain," tuturnya.

Dari situ, tambahnya, KPU Kota/Kabupaten akan mengecek melalui SIPOL (sisi partai politik).

Selanjutnya, ucapnya lagi, akan mengecek kegandaan anggota partai politik serta mengecek data keanggotaan partai politik yang tidak memenuhi sarat.

"Jadi ada dua langkah verifikasi administrasi itu dan ini akan dilakukan dalam waktu dua minggu, yaitu dari tanggal 16 sampai 29 Agustus 2022," tandas Endun Abdul Haq.

Dari situ, tambahnya, partai politik diminta mempersiapkan LO (Nara Hubung) ketika ada proses verifikasi administrasi, yang ditindak lanjuti dengan proses klarifikasi.

"Nanti oleh KPU Kota/Kabupaten akan komunikasi dengan para partai politik," tambahnya.

Sementara yang dimaksud dengan keanggotaan ganda, kata Endun, jika ada potensi ganda terutama ganda eksternal partai akan dilakukan klarifikasi.

"Terutama kepada parpol yang bersangkutan melalui LO," tambahnya.

Disebutkan yang sudah daftar ke KPU Jabar sudah 40 parpol, dan yang dinyatakan lengkap dan sudah diterbitkan KPU RI ada 24 parpol.

"Sisanya yang 16 parpol hingga saat ini dinyatakan belum lengkap dan sekarang sedang dilakukan pengecekan," tuturnya lagi.

Untuk kegiatan sosialisasi yang dimaksud, tambahnya, di Jabar itu ada 25 parpol dan semua diundang.

"Dan itu sudah dinyatakan lolos verifikasi, lengkap oleh KPU RI," cetusnya lagi.**

Penulis/Pewarta: Ken Zendra Zanindha
Editor: Ken Zendra Zanindha
©2022 PENABANDUNG.COM

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini