Surat-surat Islam dari Ende, Korespondensi Soekarno-Hassan Bandung (Bagian I)

  • LITERASI
  • -
  • Sabtu, 29 Mei 2021 | 13:00 WIB
210529143032-surat.jpg

Foto: Istimewa

Seokarno - A Hassan

(Surat menyurat Ir. Soekarno kepada Tuan A. Hasan, Guru “Persatuan Islam” Bandung 1 Desember 1934 hingga 25 Nopember 1936 , Sumber referensi : Islam Sontoloyo : Pikiran-Pikiran Sekitar Pembaruan Pemikiran Islam – Ir Soekarno – Sega Arsy 2010)

Endeh, 1 Desember 1934

Assalamu’alaikum,

Jikalau saudara-saudara memperkenankan, saya minta saudara mengasih hadiah kepada saya buku-buku yang tersebut berikut ini : Pengajaran Sholat, Utusan Wahabi, Al Muctar, Debat Talqien. Al Burhan Complete, Al Jawahir.

Kemudian, jika saudara-saudara bersedia, saya minta sebuah risalah yang membicarakan soal “sajid”. Ini buat saya bandingkan dengan alasan-alasan saya sendiri tentang hal ini. Walaupun Islam zaman sekarang menghadapi soal yang beribu-ribu kali lebih besar dan lebih rumit dari pada soal “sajid” itu, tetapi toch menurut keyakinan saya, salah satu kejelasan Islam Zaman sekarang ini, ialah pengamatan manusia yang menghampiri kemusrikan itu. Alasaan-alasan kaum “sajid” misalnya, mereka punya “brosur kebenaran”, saya sudah baca, tetapi tidak bisa menyakinkan saya. Tersesatlah orang yang mengira, bahwa Islam mengenal satu “Aristokrasi Islam”. Tiada satu agama yang menghendaki kesamarataan lebih daripada Islam. Pengeramatan manusia itu adalah salah satu sebab yang mematahkan jiwa suatu agama dan umat, oleh karena pengeramatan manusia itu melanggar tauhid. Kalau tauhid rapuh, datanglah kebathilan!.

Sebelum dan sesudahnya terima itu buku-buku yang saya tunggu-tunggu benar, saya mengucapkan terimakasih.

Wassalam,

SUKARNO

===

Endeh, 25 Januari 1935

Assalamu’alaikum,

Kiriman buku-buku gratis berserta karto pos, telah saya terima dengan girang hati dan terimakasih yang tiada hingga. Saya menjadi termenung sebentar, karena tak selayaknya di limpahi kebaikan hati saudara yang sedemikian itu. Ya Allah Yang Maha Murah!.

Pada ini hari semua buku dari saudara yang ada pada saya, sudah habis saya baca. Saya ingin sekali membaca lain-lain buah pena saudara. Dan ingin pula membaca “Bukhari” dan “Muslim” yang sudah tersalin dalam bahasa Indonesia atau Inggris saya perlu kepada Bukhari dan Muslim itu, karena di situlah di himpun hadis-hadis yang sahih. Padahal saya membaca keterangan dan salah seorang pengenal Islam bangsa Inggris, bahwa di hadis-hadis Bukhari pun masih terselip hadis-hadis yang lemah. Dia menerangkan bahwa kemunduran Islam, kekunoan Islam, kemesuman Islam, ketahayulan orang Islam, banyaklah karena hadis lemah itu, yang sering lebih “laku” dari ayat-ayat Al Quran. Saya kira anggapan ini adalah benar. Berapa besarkah bencana yang telah datang pada umat Islam dari misalnya “hadis” yang mengatakan bahwa “dunia” bagai senai akherat bagi orang “muslim”, atau “hadis” bahwa satu jam bertafakur adalah lebih baik dari pada beribadah satu tahun, atau “hadis” , bahwa orang-orang Mukmim harus lembek dan menurut seperti unta yang telah di tusuk hidungnya!.

Dan adakah persatuan Islam sedia sambunganya Al Burhan I – II ? pengetahuan saya tentang “Wet” mendesak kepada “Dien”

Haraplah sampaikan saya punya compliment kepada Tuan Natsir atas ia punya tulisan-tulisan yang memakai bahasa Belanda. Anatara lain ia punya Inleiding di dalam “Komt tot bet gebed” adalah menarik hati.

Wassalam dan Silaturrahmi.

SOEKARNO

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
210610005847-jika-.jpg
Jika Anak tidak Masuk Sekolah Favorit
210529155806-surat.jpg
Surat-surat Islam dari Ende, Korespondensi Soekarno-Hassan Bandung (Bagian II)
210609224759-benar.jpg
Benarkah Ada Dugaan Praktik Monopoli dan Kartel dalam Pengadaan Perangkat IT di Disdik KBB?
210610102413-surat.jpg
Surat-surat Islam dari Endeh, Korespondensi Soekarno-Hassan Bandung (Bagian III)
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini