Jadi Orang Biasa adalah Nikmat yang Luar Biasa

  • LITERASI
  • -
  • Jumat, 26 Februari 2021 | 01:34 WIB
210226020047-jadi-.jpg

Koleksi Pribadi

Oleh Ade Mardiah*

SETELAH melahap habis "Orang Baik Susah Dicari", benak jadi tersentak sadar akan segala hal yang kita anggap sepele, biasa, dan lumrah. Ternyata semua itu adalah berkah dan nikmat luar biasa yang diberikan Tuhan pada mahkluk-Nya.

Manusia acap kali terlena oleh impian yang melambung, tentang segala hal yang sifatnya luar biasa, super, dan full of power. Padahal dalam keseharian, begitu banyak hal biasa yang membuat diri ini bahagia meski sering tanpa disadari dan disyukuri. Alangkah tak tahu dirinya diri kita... akuilah.

Jika tidak memiliki iman yang kokoh, tatkala kita dijadikan orang "luar biasa", adakalanya dihinggapi rasa tak merdeka, tidak aman, dan mungkin kurang bahagia pula. Orang kaya terpaksa memagari rumahnya tinggi-tinggi, memasang cctv dan security. Mereka tidak bisa tidur pulas lantaran ada orang lewat yang mengagumi rumahnya, selalu dikira memata-matai untuk merampok atau dikira meminta sumbangan. Sementara, kotak obatnya orang kaya berisi valium, bahkan, Michael Jackson misalnya, punya fasilitas medis ICU lengkap dengan dokter pribadi di rumahnya.

Baca juga:Dalil al-Quran Tentang Infaq

Orang berpangkat tinggi lebih gawat lagi, hidupnya dipenjara oleh aturan protokoler. Kebebasan pribadinya harus digadaikan pada jabatan. Orang yang masyhur karena kecerdasannya, terbiasa dengan penghargaan dan torehan sejarah, akan stres berat bila sedikit saja diabaikan atau dikritik pedas.

Makin tinggi dan makin lama kedudukan orang tidak biasa, makin jauh dari dunia orang biasa. Dunianya menjadi artifisal, juga sikap dan kelakuannya menjadi semu. Itulah sekelumit gambaran sisi gelapnya ke-luar biasaan pada diri kita.

Sisi terang orang biasa adalah kita. Pagi-pagi berangkat kerja tepat waktunya dan pulang sore hari pada waktunya pula. Habis bulan terima gaji dan sibuk menghitung keperluan rumah tangga untuk sebulan berikutnya. Hidup dihitung tiap bulan, bahkan ada yg dihitung tiap hari.

Baca juga:Mengenal Tag pada Situs Berita dan Hashtag pada Media Sosial

Orang biasa adalah kita yang mau istirahat dan tidur begitu tubuh memintanya. Kita bisa mendadak bertamu pada sahabat kapanpun, dapat leluasa keluar rumah dan tersenyum bila bertemu tetangga di jalan. Dapat menghabiskan hari minggu di bengkel sehari penuh atau malas-malasan tidak mandi seharian. Orang biasa akan merasa aman dan bahagia apabila hidup ditengah-tengah masyarakat. Bisa membayar tagihan listrik, air, iuran RT sebelum tengat waktunya.

Orang biasa adalah orang yang bebas merdeka, cukup makan dan tidak terlilit utang diluar kesanggupannya.Orang biasa adalah orang yang tidak dikenal di luar lingkaran hidupnya. Orang biasa tidak masuk koran, tak pernah tercatat dalam buku sejarah. Orang biasa itu seperti bumi yang selalu melahirkan dan memberi, tapi tak pernah dikenang dan tak pernah menerima ucapan terima kasih.

Dunia orang biasa adalah dunia mayoritas sepanjang sejarah dunia. Itulah dunia nyata, dunia manusia sebenarnya. Yang diisi oleh orang tak dikenal, yang sama rupanya, sama impiannya, sama sikapnya, sama kebahagiaan, dan penderitaannya. orang biasa itu juga orang baik-baik, karena memang tak berniat berbuat onar, taat pada pemerintah dan adat istiadat. Orang biasa adalah orang yang kecil risiko hidupnya dan hanya dikenal oleh tetangganya. Orang biasa bukan orang jahat, tapi juga bukan orang suci. Hidupnya sekadar dijalani semampu mungkin agar dapat tetap bertahan hidup.

Baca juga:Awas, Hadis Palsu dan Lemah Seputar Keutamaan Ibadah Bulan Rajab

Pertanyaan muncul, salahkah bila kita bercita-cita menjadi orang luar biasa? jawabnya tidak salah sama sekali. Hanya camkan pada posisi apapun adanya kita, yakinkan bahwa keberadaan diri kita bermanfaat bagi sekeliling.

Kalau jadi Orang biasa, jadilah orang biasa yang penuh manfaat, yang ikhlas berbagi tanpa harap pamrih. Dan, jikalau kita ditempatkan pada posisi orang "luar biasa", yakini tujuan ketidakbiasaan itu dan sandarkan hati kita hanya pada Sang Pencipta. Jadikan keluar biasaan kita menjadi berkah bagi masyarakat banyak. Awali dengan ikhlas dan akhiri dengan berserah diri, Insya Allah.***

*Penulis adalah Humas Ikatan Sekretaris Indonesia DPD Jawa Barat

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
210318145815-rahas.jpg
Tips Agar Tanaman Buah dalam Pot Subur dan Berbuah Lebat
210401204540-kenal.jpg
Kenali Istilah Serigala Penyendiri yang Sedang Trending Saat ini
210325110427-menge.png
Mengenang Kembali Peristiwa Bandung Lautan Api
210329161845-indon.jpg
Indonesia Menuju Distopia
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini