[HOAX] Kominfo Bantu Pulsa 200 Ribu dan Kuota 75 GB untuk Dosen, Guru, Siswa, dan Mahasiswa

  • HOAX NIH!
  • -
  • Rabu, 3 Februari 2021 | 23:25 WIB
210203233433--hoax.jpg

kominfo.go.id

PENABANDUNG.COM - Beredar di tengah warganet tentang adanya bantuan uang dan kuota dari pemerintah untuk masyarakat di lingkungan pendidikan yakni dosen, mahasiswa, dan siswa.

Namun setelah diperiksa, teryata hal itu merupakan informasi yang keliru dan termasuk kategori fabricated content.

Berikut inforamasi yang dilansir dari laman Facebook official.jabarsaberhoaks diunggah tanggal 3 Februari 2021 jam 19.40 WIB.

KOMINFO BANTUAN PULSA 200RB DAN KUOTA 75GB UNTUK DOSEN, GURU, SISWA, MAHASISWA SELAMA MASA PANDEMI

Berdasarkan aduan yang masuk ke Tim Jabar Saber Hoaks. Beredar link pendaftaran untuk mendapatkan bantuan tunai dari Kominfo yaitu pulsa sebesar Rp200 ribu dan kuota 75GB untuk mahasiswa, siswa, guru dan dosen. Info ini beredar lewat pesan berantai.
Dalam pesan berantai tersebut, pendaftar diminta masuk ke link yang diberikan. Dalam link tersebut mencatut beberapa provider telekomunikasi.

CEK FAKTA:

Isu ini sebelumnya telah di klarifikasi oleh Jabar Saber Hoaks pada tanggal 20 Januari 2021. Saat itu pesan berantai yang beredar tidak menyebutkan ada bantuan 75GB kuota melainkan hanya bantuan pulsa sebesar 200rb saja.
Perlu diketahui bersama, modus dengan membagikan link seperti ini adalah modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.

KESIMPULAN:

Klaim link pendaftaran untuk mendapatkan bantuan tunai pulsa sebesar Rp200 ribu dan kuota 75GB untuk mahasiswa, siswa, guru dan dosen adalah SALAH [FABRICATED CONTENT].

Faktanya, link pada pesan berantai tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.

Jabar Saber Hoaks menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu teliti dan waspada dalam menerima informasi.

RUJUKAN:

1. https://bit.ly/36Dod8n
2. http://bit.ly/2MMS5bB
3. http://bit.ly/3oEqlmt.

Penulis/Pewarta: Efsyarga
Editor: Asep el-Abbas
©2021 PENABANDUNG.COM

TAGS:
Bagikan melalui:
Komentar
Berita Lainnya
Terkini
Headline
Terbanyak Dibaca
Pena Bandung TV
Populer Bulan Ini